Dari 152 Desa,15 Desa Belum Ajukan Pencairan DD Tahap Pertama

Yusan Sulaidi Kadis DPMP4 Abdya
PENGAWAL |ABDYA - Meskipun pengajuan pencairan telah dibuka, nyatanya belum ada sepenuhnya desa mengajukan pencairan Dana Desa (DD) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk  dan Perempuan ( DPMP4).

Berdasarkan data dari Dinas DPMP4 Abdya , dari 152  desa yang ada di wilayah Abdya , hingga Jum'at (17/5) , hingga kini hanya 15 gampoeng yang belum mengajukan pencairan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2019.

Kadis DPMP4 Abdya, Yusan Sulaidi ke media ini mengatakan, proses pengajuan pencairan dana desa di Abdya hanya tinggal 15 gampong lagi dari jumlah 152  gampong.

Sementara yang sudah mengajukan pencairan sebanyak 137 gampong. Kelima gampong itu tersebar dalam lima kecamatan dari total sembilan kecamatan dalam kabupaten Abdya.

Dijelaskan Yusan, dari sembilan kecamatan di Kabupaten Abdya, empat diantara sudah tuntas melakukan pengajuan pencairan dana desa tahap pertama. Keempat kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Jeumpa, Setia, Manggeng dan Kecamatan Lembah Sabil.

"Dari sembilan kecamatan, baru empat kecamatan yang sudah tuntas mengajukan pencarian dana desa, sementara lima lagi masih dalam proses," ujar Yusan.

Yusan berharap, agar gampong yang belum mengajukan pencairan dana desa tersebut segera untulk mengajukan secepat mungkin. Agar segala proses pekerjaan dan kemudahan penarikan tahap II dan tiga bisa dilakukan sesuai dengan harapan, pungkasnya.

Untuk dikehui ,adapun desa yang belum mengajukan pencarian DD Dari tahap pertama tahun anggaran 2019, yaitu Kecamatan Babahrot Gampong Blang Dalam. Sementara di Kecamatan Kuala Batee terdapat dua gampong, yakni Gampong Krueng Batee dan Blang Makmur.

Di Kecamatan Susoh, Gampong yang belum mengajukan pencairan dana desa tahap pertama berjumlah 10 gampong yang terdiri dari Gampong Padang Hilir, Ladang, Pante Perak, Durian Rampak, Pinang, Rubek Meupayong, Meunasah, Barat, Cot Mancang dan Palak Kerambil.

Sementara di Kecamatan Blangpidie hanya tinggal gampong, yaitu Gampong Gelempang Payong. Kemudian terakhir Kecamatan Tangan-Tangan dengan jumlah satu gampong, yaitu Gampong Adan.(M)