Kodim Aceh Jaya Tingkatkan Ketahanan Pangan Dengan Cara Budidaya Ikan Lele

Budi daya ikan lele milik anggota Kodim 0114 Aceh Jaya

 
CALANG,PENGAWAL- Kodim 0114/Aceh Jaya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.


Salah satu langkah yang telah diambil adalah dengan melakukan budidaya ikan lele.


Lokasi budidaya ikan lele ini berada di  Kota Calang Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya.


Budidaya ikan lele ini dilakukan dengan cara  bioflok. Belasan kolam bioflok terdapat di lokasi ini


Sejak beberapa bulan lalu sudah puluhan ribu bibit ikan lele ditabur di dalam kolam ini bahkan sudah beberapa kali panen.


Hasil dari panen lele ini sangat menguntungkan.


Jika budidaya ikan lele di tempat lain sering mengalami kegagalan dan rugi namun budidaya ikan lele milik Kodim 0114/Aceh Jaya tersebut sampai saat ini selalu berhasil dan menguntungkan setiap kali panen.


Keberhasilan ini pula yang membuat masyarakat selalu datang ke lokasi ini untuk belajar budaya ikan lele.


Adalah Kapten Infanteri Samsudin yang saat ini menjabat sebagai WS Kasdim 0114/Aceh Jaya yang telah berhasil mengembangkan budidaya lele sistem bioflog tersebut.


Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidyat, M.Han mengatakan bahwa budidaya ikan lele ini merupakan salah satu upaya dari Kodim 0114/Aceh Jaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini.   Dandim meminta kepada warga agar mengukuti langkah yang telah dilakukan pihaknya tersebut bahkan siap membantu memberikan pelatihan kepada warga yang ingin melakukam budidaya ikan lele.(R)