Desa Mon Mata Dikukuhkan Sebagai KSB yang ke-26 di Aceh

Simulasi penanggulangan bencana yang dilaksanakan oleh KSB Desa Monmata Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya
PENGAWAL | CALANG - Dinas Sosial Provinsi Aceh melaksanakan pelatihan dan sekaligus melakukan pengukuhan Desa Mon Mata Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya sebagai Kampung Siaga Bencana ( KSB ).

Pelatihan sekaligus pengukuhan KSB tersebut berlangsung di lapangan bola kaki Desa Mon Mata Kecamatan Krueng Sabee (1/5/2019) yang turut dihadiri Kadis Sosial Provinsi Aceh, Staf Gubernur Aceh, Bupati dan Wakil Bupati serta unsur Forkopimda Aceh Jaya.

Alhudri Kadis Sosial Provinsi Aceh ke sejumlah awak media seusai pengukuhan KSB mengatakan pembentukan KSB tersebut untuk memberikan pemahaman dan perlindungan kepada masyarakat Aceh Jaya khsusnya Kecamatan Krueng Sabee dari risiko dan ancaman bencana.

Ia menjelaskan dengan adanya pembentukan KSB ini berharap masyarakat adanya kesiapan dan siaga serta waspada terhadap bencana. Apa lagi daerah Aceh Jaya salah satu daerah yang rawan bencana terutama banjir.

Maka dengan adanya KSB yang telah dilatih ini berharap kedepan bisa menimalisir jatuhnya korban pada saat bencana datang, setidaknya sudah mengetahui arah untuk menyelamatkan diri.

“KSB ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman bagi stabilitas pemerintah daerah maupun secara nasional,” kata Alhudri.

Sementara T.Irfan TB, Bupati Aceh Jaya menyampaikan atasnama Pemerintah sangat menyambut baik atas terbentuknya KSB di Desa Monmata sehingga kedepan bisa terkurangi dalam upaya menghadapi bencana.

Ia berharap KSB Desa Monmata ini bisa mensosialisasi ke desa lainnya di Kecamatan Krueng Sabee dalam menghadapi bencana dan resiko bencana.

" KSB yang dikukuhkan ini, kedepan bisa menjadi salah satu Desa yang menjadi contoh bagi desa lainnya dalam upaya menghadapi bencana," cetus T. Irfan TB.

Dan KSB yang dikukuh ini di Desa Monmata tersebut KSB yang ke 26 yang telah dilatih Dinsos Provinsi Aceh. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak 29 April - 01 Mei 2019 yang diikuti oleh 60 orang dari masyarakat Desa Mon Mata dan tim Tagana Aceh Jaya serta Tagana Provinsi Aceh.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis peralatan
operasional Kampung Siaga Bencana ke desa setempat.(A1)