Orang Sakit Pakai Becak Menuju Ke Rumah Sakit, Ini Jawaban Keluarga

Editor: REDAKSI author photo
Bagikan:
Komentar
Keluarga Pasien yang dibawa berobat dengan becak di RSUD Teuku Umar, Calang (14/5/2019)
PENGAWAL | CALANG - Perihal viralnya berita tentang salah seorang masyarakat Aceh Jaya yang sedang sakit dibawa ke rumah sakit dengan becak menjadi pembicaraan dikalangan masyarakat Aceh Jaya dan Aceh umumnya.

Untuk diketahui, pasien yang dibawa dengan becak kemaren merupakan warga Desa Mon Mata Kecamatan Krueng Sabee atas nama Nurlela Rambe (58) pasien DM yang selalu berobat di Rumah Sakit.

Hal itu disampaikan oleh Rosmila Mila ( 39) anak pasien yang di jumpai media ini di Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Umar Calang, (selasa 14/5/2019) membenarkan kalau pasien yang dibawa dengan becak merupakan keluarganya.

Atas kejadian tersebut, Rosmila Mila ingin mengklarifikasi terkait berita yang viral tentang orangtuanya dibawa berobat dengan becak.

Menurutnya, persoalan orang tuanya yang dibawa dengan becak karena saat itu dalam kepanikan dan buru-buru harus dibawa ke Rumah Sakit karena dikaki yang mengalami DM terjadi pendarahan, sehingga orang tuanya dengan terpaksa dibawa dengan becak dan lupa menghubungi mobil ambulan yang ada di Puskesmas setempat..

Maka terkait orang tuanya dibawa berobat dengan becak ke Rumah Sakit tersebut bukan membuat sebuah opini tentang pelayanan kesehatan buruk di Aceh Jaya tetapi kejadian kemaren karena terburu-buru sehingga lupa membawa orang tuanya dengan fasilitas Ambulan.

" Disini ingin kami jelaskan, orang tua kami bawa ke Rumah Sakit dengan becak bukan ingin membuat sensasi dan mencari kejelekan pelayanan kesehatan di Aceh Jaya, tetapi kemaren dalam keadaan buru-buru, sehingga terjadi hal demikian," kata Rosmila.
Pasien yang dibawa berobat dengan becak ( foto/ Fb, Tengku Porn (13/5)
Sebelumnya juga diberitakan salah seorang masyarakat Aceh Jaya yang diduga sedang sakit terlihat dibawa dengan becak yang diduga menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Teuku Umar, Calang.

Dari foto yang beredar dalam akun facebook Tengku Poen Pasie Raya (13/5/2019) mengungkapkan "Nyan ban cara jiba ureung saket di Aceh Jaya,,,,
Kenapa ohh mengapa,,,???
Hana asie Teumenak lam bulen puasa," ( begitu caranya dibawa orang sakit di Aceh Jaya, kenapa oh kenapa).

Saat media ini menghubungi tengku Poen Pasie Raya melalui sambungan seluler bahwa, ia melihat orang sakit dibawa dengan becak saat ia menuju ke Calang.

Ia menjelaskan saat itu, orang sakit tersebut ia ambil dokumentasi pas di jalan Banda Aceh - Calang depan tugu menuju ke Kantor Bupati Aceh Jaya. Orang sakit tersebut diduga akan dibawa ke rumah sakit Calang.

Atas hal itu, dirinya sangat menyayangkan tentang masih ada orang sakit yang dibawa dengan becak, padahal pelayanan ambulan di Kabupaten Aceh Jaya saat ini sudah memadai baik dari Puskesmas sendiri maupun dari PSC.

" kami selaku masyarakat sangat menyayangkan terhadap masih ada masyarakat yang dibawa dengan becak di Aceh Jaya," kata Tengku Poen.

Dan ia berharap kedepan, pada pihak Pemerintah maupun dinas terkait harus meninjau ulang, tentang masih banyak masyarakat yang sakit dibawa dengan becak menuju ke tempat pelayanan kesehatan.

Disini kita meminta pada Pemerintah melalui dinas terkait harus membuat kajian  yang mendalam, kenapa masih banyak masyarakat memakai kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat pelayanan kesehatan, Padahal fasilitasnya terutama angkutan operasional sudah merata di seluruh puskesmas di Aceh Jaya.

" Kita berharap Pemerintah melalui dinas terkait bisa turun langsung ke daerah-daerah, terutama ke masyarakat untuk menanyakan kenapa masyarakat tidak memakai jasa ambulan yang telah disediakan oleh pihak pelayanan kesehatan," harap Tengku Poen.(A1)
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini