Kawanan Gajah Liar Rusak Tanaman Warga Di Aceh Jaya

Editor: REDAKSI author photo
Bagikan:
Komentar
Camat Setia Bakti melihat langsung kondisi tanaman milik masyarakat Desa Gampong Baroeh.(12/6)
PENGAWAL | CALANG - Belasan kawanan gajah liar memasuki pemukiman masyarakat di Desa Gampong Baroeh Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya, rabu dini hari 12 juni 2019.

Kawanan gajah tersebut saat memasuki pemukiman masyarakat juga merusakan tanaman milik masyarakat setempat seperti pohon kelapa sawit,pisang,durian, pinang, kelapa dan berbagai tanaman lainnya.

Menurut Khairandi warga Gampong Baroh (12/6/2019) ke media ini mengatakan kawanan gajah liar itu diperkirakan sudah satu minggu di kawasan pinggiran pemukiman masyarakat.

Ia juga menjelaskan untuk saat ini, kawanan gajah liar telah dilakukan pengusiran ke kawasan hutan yang tidak jauh dari desa dengan menghalau secara tradisional oleh masyarakat.

" Saat ini telah dilakukan penghalauan oleh masyarakat ke hutan yang tidak jauh dari Desa.
Pohon pisang yang dirusak gajah liar
Dan Kepala Desa Gampong Baroeh, Junidar Saputra saat dijumpai di lokasi tempat diabrik gajah ke media ini mengungkapkan kawanan gajah liar tersebut telah mengobrak abrik areal tanaman serta perkebunan milik warga terjadi sekitar pukul 02.00 Wib dini hari. Namun kejadian itu baru diketahui warga tadi pagi dan langsung melaporkan kepihak aparat desa.

Seingat saya baru kali ini kawanan gajah liar masuk dan merusak tanaman warga, sebelumnya tidak pernah," katanya.
Tanaman milik masyarakat di obrak abrik gajah liar
Sementara AG Suhadi Camat Setia Bakti yang ikut melihat langsung perkebunan masyarakat juga menyampaikan, pihaknya mengetahui adanya kawanan gajah liar masuk ke permukiman warga di Desa Gampong Baroeh setelah disampaikan oleh Kepala Desa setempat.

Ia juga berharap kawanan gajah tersebut tidak kembali lagi ke pemukiman warga baik di Desa Gampong Baroeh maupun beberapa desa lainnya di Kecamatan Setia Bakti.

" Kita berharap kawawanan ini tidak kembali lagi ke pemukiman warga baik di Desa Gampong Baroeh maupun beberapa desa lainnya," ungkapnya.

Dan masalah ini, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk dilakukan penanganan lebih lanjut baik Pemerintah Kabupaten maupun pihak BKSA Provinsi Aceh.

" kita akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan lebih lanjut perihal gajah liar yang masuk ke pemukiman warga," cetus AG Suhadi.(A1)


Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini